Perpustakaan Desa Anjani Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat

Rabu, 31 Oktober 2018

Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat

Perpusdes Anjani, Kebiasaan masyarakat Anjani dalam membaca dan menulis masih terbilang sangat rendah.
Rendahnya minat baca masyarakat di dusun Kerembong desa Anjani ini makin menyebabkan kualitas dan mutu pendidikan di desa Anjani juga hanya jalan di tempat (stagnan) dan cenderung mundur.

Berdasarkan beberapa penyebab rendahnya budaya baca ini karena masyarakat lebih suka menonton televisi (TV), mendengarkan radio, dan bergelut pada dunia maya (internet dan media sosial) dibandingkan membaca buku. Istilahnya, masyarakat Indonesia lebih suka mengirim SMS atau BBM-an, Facebook-an atau Twitter-an dan Whastapp dibandingkan membaca buku 

Bila kondisi ini terus berlangsung dan tak diantisipasi sejak dini, maka kita tidak bisa berharap banyak pada mutu dan kualitas sumber daya manusia (SDM). Lalu apa yang bisa dilakukan pemerintah Desa Anjani?

Pemerintah Desa Anjani mendorong dan lebih maksimal lagi dalam menumbuhkan dan meningkatkan budaya membaca masyarakat melalui program desa yaitu PERPUSTAKAAN "BARENG PINTER" DESA ANJANI dan diikuti dengan kegiatan Buku keLIling deSA (BULISA). Mulai dari memperbanyak kegiatan membaca, baik di sekolah maupun di rumah, hingga pengadaan sarana dan prasarana seperti penyediaan buku-buku bacaan dan pelajaran.



0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest
-->

CLOCK

Popular Posts

Blogroll

About

Copyright © PERPUSTAKAAN DESA ANJANI | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com